Cara Mempersiapkan Mobil Untuk Musim Hujan

Fakta Unik Batam Yang Tidak di Miliki Kota Lain
Fakta Unik Batam Yang Tidak di Miliki Kota Lain
December 10, 2019
6 Tempat Wisata di Singapura Yang Wajib di Kunjungi
6 Tempat Wisata di Singapura Yang Wajib di Kunjungi
December 10, 2019

Cara Mempersiapkan Mobil Untuk Musim Hujan

Cara Mempersiapakan Mobil Untuk Musim Hujan

Cara Mempersiapakan Mobil Untuk Musim Hujan

Cara Mempersiapakan Mobil Untuk Musim Hujan – Ketika musim penghujan tentu memerlukan kewaspadaan lebih bagi kita ketika berkendara. Tapi tidak cuma itu, keadaan situasi kendaraan beroda empat dan segala fitur, terutama yang diperlukan untuk menembus hujan harus di perhitungkan. Akan amat membahayakan jika hujan di tengah perjalanan, dan ternyata wiper dan karet karet pintu rupanya tak bisa bekerja secara optimal. Untuk itu, berikut sebagian kiat perihal hal yang seharusnya dilihat diamati sebelum berkendara di musim penghujan.

Tips Menyiapkan Mobil Untuk Musim Hujan

Amati Situasi Wiper

Karet wiper yang telah lama digunakan dan acap kali terkena panas sang surya bisa menjadi kaku, keras dan juga bergelombang. Keadaan ini akan membikin kerja wiper tak total, malahan mengganggu pandangan ketika mengemudi untuk liburan. Kalau karet wiper telah terasa keras atau kaku, ganti dengan karet wiper baru yang cocok dengan mobil anda.

Baca Juga : Fakta Unik Batam Yang Tidak di Miliki Kota Lain.

Cek Performa Air Pembasuh Kaca (water spray)

Coba cek performa kerja water spray untuk membersihkan kaca depan anda. Kalau air yang keluar terasa kurang deras, mampet atau pun tak keluar sama sekali, karenanya langsung dilakukan pengecekan. Cek apakah air dalam tabung dalam posisi penuh atau cukup, lalu apakah terdapat kotoran atau lumut yang ber selancar dalam pada dasar tabung. Kalau dirasa perlu, copot dan bersihkan dahulu baru kemudian dipasang kembali. Pastikan pula lubang pada nosel tak tertutup oleh kotoran. Terakhir cek sistem water spray apakah ada selang yang bocor, terlepas atau pun terlipat.

Amati Keadaan Ban Mobil

Ketika melalui jalur yang berair atau tergenang air, ban kendaraan mobil menjadi komponen yang amat penting. Celah, motif atau kembang ban akan menjadi tumpuan supaya ban tak hingga melayang atau berjalan di atas air (aquaplanning). Pastikan keadaan ban anda masih dalam klasifikasi golongan bagus, atau setidaknya ketebalan kembang ban masih diatas 50%. Pastikan pula tekanan angin senantiasa berada dalam keadaan yang tepat dengan standar kendaraan.

Baca Juga : Patut Dikunjungi ! 6 Pantai Terindah Yang Ada di Batam.

Periksa Kebocoran dan Karet Pintu

Kebocoran pada bodi kendaraan beroda empat, atau karet pintu yang telah tak rapat tentu akan membikin perjalanan ketika hujan kian terganggu. Bocor hal yang demikian akan membikin air bisa masuk ke dalam kabin dan membasahi pengemudi atau penumpang. Cek kebocoran pada kendaraan beroda empat anda serta keadaan karet-karet yang ada pada pintu dan jendela. Caranya anda bisa mencoba memakai mesin cuci mobil otomatis yang telah banyak terdapat di perkotaan. Amati ketika kendaraan beroda empat di surfing dengan meyiram dalam mesin, apakah anda memperhatikan ada tetesan air yang masuk.

Pastikan AC dan Defogger Berfungsi

Ketika musim hujan tiba, AC dan defogger amat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kabut atau embun pada kaca kendaraan beroda empat yang bisa menghambat pandangan. Langsung cek untuk menentukan AC dan defogger pada kendaraan beroda empat anda berfunsi secara normal.

Baca Juga : Tips Hemat Berburu Kuliner Saat Liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open